Panduan Instalasi PrestaShop

PRESTASHOP adalah software web instant yang dapat digunakan untuk membangun sebuah toko online secara gratis.

PRESTASHOP dapat di install pada webhosting dengan spesifikasi antara lain : berbasis linux atau windows, PHP versi 5.0 keatas, apache versi 1.3 atau IIS6 keatas.

Dan berikut adalah panduan untuk instalasinya :

  1. Download file prestashop versi terbaru, klik disini.
  2. Ekstrak file yang telah di download dengan menggunakan winrar atau winzip sehingga menghasilkan folder prestashop di komputer anda.
  3. Buat database dan user database baru di hosting anda melalui cPanel pada menu mysql database.
    12
  4. Buat folder baru di direktory utama hosting anda (public_html) dengan nama sesuai dengan yang diinginkan. (jika folder yang dibuat adalah dengan nama tokosaya, maka situs prestashop anda akan dapat diakses dengan alamat http://domain-anda.com/tokosaya)
  5. Upload seluruh file di dalam folder prestashop yang telah di ekstrak tadi ke folder public_html/tokosaya dengan menggunakan FTP seperti filezilla, ws-ftp, cute-ftp atau lainnya.
    3
  6. Setelah semua file dan folder sukses di upload, silahkan akses url instalasi : http://domain-anda.com/tokosaya/install
    lalu klik menu NEXT
  7. Pada instalasi tahap berikutnya, jika ada kendala di bagian permission folder dan file, silahkan untuk merubah permission folder dan file yang bertanda minus (-) dan berwarna merah menjadi 755 untuk folder dan 644 untuk file (chmod), pada tahap ini jika mengalami kesulitan dapat langsung menghubungi Customer Care dijaminmurah.com. (PENTING: setelah proses instalasi selesai folder dan file dalam tahap ini, HARUS dikembalikan ke permission semula)
    Setelah selesai klik Refresh Settings dan Klik menu NEXT
    permission
  8. Tahap selanjutnya dalah untuk database, sesuaikan dan isi kolom database dengan database dan user serta password seperti yang telah dibuat pada tahap ke-3 Lalu Klik NEXT
    database
  9. Tahap selanjutnya, silahkan isi untuk informasi data anda sebagai admin dan informasi deskripsi toko online anda, lalu kelik NEXT
    selesai
  10. Hapus folder install pada direktory web toko online anda
    Rename folder admin menjadi folder lain (contoh: admintoko)
  11. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *