Pengertian Bandwidth Hosting

May, 23 2013| Author: admin | Filed under: Hosting | Tags: Tags:
0Comments

bandwidth_01Traffic atau biasa disebut Bandwidth dapat diartikan dengan ukuran dari transfer data yang telah dilakukan oleh website anda. Bandwidth dipengaruhi dan ditentukan oleh jumlah pengunjung, banyaknya halaman yang dikujungi dan juga besarnya file yang diakses

Perbedaan antara Bandwidth dan Data Transfer

Sangat mudah menemukan 2 istilah ini, Bandwidth dan Data Transfer, yang biasa digunakan dalam internet, khususnya pada paket – paket web hosting. Secara teknis, ada perbedaan mendasar pada dua istilah ini. Bandwidth adalah menunjukkan volume data yang dapat di transfer per unit waktu. Sedangkan Data Transfer adalah ukuran lalu lintas data dari website Anda. Lebih mudah kalau dikatakan bahwa bandwidth adalah rate dari data transfer.

Apabila bandwidth yang disediakan besar, maka website akan ter-load lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Hal ini tidak membuat data transfer menjadi besar, karena jumlah dari data transfer tergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website Anda (termasuk gambar, audia, video dll). Makin besar angka pengunjung, makin besar jumlah data yang ditransfer dari website Anda maka makin besar pula data transfernya.

Bandwidth dan Koneksi Internet

Bandwidth pada umumnya menggunakan nilai dalam satuan bits/detik atau bytes/detik. Hal ini sangat penting untuk mengukur jumlah input output (I/O) sebuah alat. Sebagai contoh sebuah modem yang biasa digunakan untuk menghubungkan dengan internet memiliki ukuran maksimum (katakanlah 56 Kbps). Kemudian alat lain adalah sebuah modem kabel yang mampu mentransfer data lebih banyak tiap detiknya dan biasanya memiliki bandwidth sekitar 200 – 1000 Kbps. T1, sebuah Jalur sambungan internet mampu mentransfer data sampai dengan 1.5 Mbps atau lebih.

Yang mempengaruhi pemakaian bandwitch :

  • Tampilan Website

Ketika website anda di akses, maka bandwidth account anda akan berkurang sebesar halaman yang di load(dalam ukuran Byte). Website dengan banyak gambar dan video tentu akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding website yang menampilkan teks dan gambar.

  • Upload dan Download

Upload maupun Download file akan mengurangi bandwidth account Anda. Gunakan account anda dengan semaksimal mungkin, jika tidak diperlukan lebih baik mengurangi aktivitas upload/download.

  • POP3 dan SMTP

Penggunaan Email Client seperti outlook juga akan memakai bandwidth, baik itu mengirim email ataupun menerima. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada account Anda.

Kebutuhan Data Transfer untuk sebuah website

Data transfer di ukur dalam bytes, Kilo bytes (KB), mega bytes (MB) atau giga bytes (GB). Jika sebuah website menyajikan 100.000 halaman tiap bulannya dengan rata – rata besar ukuran halaman adalah 20KB, maka data transfer tiap bulannya adalah 2 GB. Hampir 80% dari website yang beredar di internet menggunakan data transfer kurang dari 5 GB/bulan.

30 Gigabytes dari bandwidth bulanan atau data transfer menunjukan sekitar 30.000 pengunjung unik (unique visitor) per hari. Rata – rata sebuah website menggunakan bandwidth kurang dari 250MB per bulan dan dikunjungi oleh 50 pengunjung per hari. Jadi hanya website yang sangat populerlah yang mampu melebihi batasan maksimum 30GB.

Kebenaran tentang data transfer yang tidak terbatas

Beberapa perusahaan web hosting menawarkan data transfer yang tidak terbatas. Bandwidth yang lebih besar akan memakan biaya yang lebih besar dan menggunakan sumber daya server (memory, hard disk dll) yang lebih besar, jadi apabila ada perusahaan web hosting yang menawarkan data transfer yang tidak terbatas dengan harga yang murah maka perusahaan itu tidak akan mampu bertahan di bisnis ini dalam waktu yang lama.

Tentu saja sumber daya tiap server di atur untuk tidak melebihi jumlah lalu lintas data yang sudah ditentukan, jadi makin besar bandwidth yang digunakan oleh pelanggan tersebut maka akan mempengaruhi akun pelanggan lainnya yang terletak pada sever yang sama. Yang perlu dipertanyakan adalah bagaimana pertimbangan sebuah perusahaan web hosting untuk menyatakan bahwa bandwitdh yang digunakan telah melibihi aturan? apakah 1GB, 2GB, 3GB, 5GB atau lebih? Apakah bandwidth yang ditawarkan benar – benar tidak terbatas? Bagaimana sebuah perusahaan web hosting mengetahui jika seorang pelanggannya telah memakai terlalu banyak bandwidth? dan bagaimana sebuah perusahaan web hosting menjaga performa server dari kehabisan sumber daya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>