Hindari Domain Expired dengan Mengetahui Siklus Domain

Pada bahasan kali ini tim support DJ ingin menuliskan artikel tentang siklus domain atau biasa disebut domain lifecycle dari proses didaftarkan hingga expired dan sampai bisa tersedia kembali ke publik. Maksud artikel ini agar di harapakan klien dapat secara mandiri mengkalkulasi kepemilikan domainnya yang akan expired atau jika domain sudah expired, kapan ia bisa di renew dengan harga normal karena jika lewat dari masa-nya maka domain akan naik harganya hingga 100x lipat dari harga biasa, maka sangatlah rugi bagi anda jika sampai telat memperpanjang domain kesayangan anda, maka silahkan di lihat, dibaca dan di amati siklus domain di bawah ini agar domain anda dapat terus berada di tangan anda.

domain-lifecycle
Dari info diagram di atas kita bisa mengetahui dari domain baru pertama kali di register hingga expired sampai domain tersebut tersedia kembali ke publik. Untuk penjelasan masing-masing akan di jelaskan di table di bawah, silahkan di baca :

 

Registered (1-10 Tahun) Sebuah domain bisa di registrasi untuk jangka waktu 1-10 tahun. Di mana untuk domain tld Indonesia (.co.id;.go.id;.sch.id;.web.id;.or.id) maximal hanya 1 tahun registrasi. Ketika domain mendekati masa kadaluarsa (expired), pemberitahuan untuk segera melakukan pembaruan (renew) biasanya akan sering dikirimkan ke alamat e-mail yang terdaftar saat registrasi domain. Anda dapat melakukan pembaruan secara manual (biasanya menghubungi pihak billing tempat pendaftaran domain) atau mengatur opsi auto renew yang akan mengambil deposit anda secara otomatis.
Grace Period (1-45 Hari) Ini adalah masa jika masa registrasi berakhir. Banyak yang salah persepsi jika domain bisa dibeli lagi oleh pihak lain ketika memasuki masa ini, padahal yang terjadi tidaklah seperti itu. Setelah domain mencapai tahap kadaluarsa (expired), masih ada beberapa tahap lagi sampai status domain tersebut bisa dibeli oleh pihak lain (AVAILABLE).Pada tahap ini, situs berjalan yang menggunakan nama domain tersebut akan dinon-aktifkan. Anda dapat melakukan pembaruan (renew) tanpa perlu membayar biaya tambahan. Domain pun masih tercantum dalam panel domain anda. Untuk masa ini kira-kira berlangsung selama 1-45 hari (bervariasi tiap registrar), dimana kami Dijaminmurah memasang waktu 45 hari untuk Grace Period.
Redemption Period
(30 Hari)
Tahap berikutnya dinamakan Redemption Period, jika selama masa Grace, anda tidak melakukan pembaruan (renew) domain. Di masa ini pemilik domain tetap bisa melakukan pembaruan walaupun akan dikenakan charge.Sebuah domain akan berada di masa ini selama 30 hari sebelum ke tahap berikutnya. Selama masa ini, pihak registrar (tempat pendaftar domain) berhak untuk melelang domain tersebut dan menyerahkannya kepada pihak lain jika tidak ada klaim dari pemilik sebelumnya. Beberapa orang biasanya akan tertarik untuk membelinya karena berbagai macam faktor, salah satunya karena nama domain yang SEO friendly. Besarnya biaya charge yang diperlukan untuk menebus domain berbeda-beda tergantung pihak registrar.
Pending Delete (5 Hari) Pada tahap ini, tidak ada kemungkinan bagi anda untuk melakukan pembaruan (renew). Pihak registrar akan mengirimkan perintah kepada pihak registry untuk melakukan penghapusan domain. Tapi jika anda ingin memilikinya kembali, anda masih bisa untuk mencoba dan melakukan rikues order, di mana pihak registrar nantinya akan mencoba untuk mendaftarkannya kembali atas nama anda ketika sudah masuk masa available, namun tidak ada jaminan bahwa anda benar-benar bisa memilikinya kembali.
Available (tersedia) Pada masa ini, domain sudah tersedia untuk publik dan bisa dibeli oleh siapapun. Jika anda menginginkannya kembali, anda harus aktif mengawasi dan registrasikan kembali secepatnya saat statusnya sudah available.

Kami Dijaminmurah.com bertekad untuk terus selalu membantu dan terbuka ke customer, karena jika anda pesan domain di kami anda akan mendapatkan full panel domain yang bisa anda kelola sendiri dari mulai ganti name server, tambah A record, mengkunci domain anda, mengganti info kontak, manage DNS dan sebagainya.

Karena kami tahu pentingnya sebuah identitas anda di internet yaitu lewat domain maka jika anda peduli dengan domain anda jangan sampai biarkan domain anda hangus, segera perpanjang OK

Daftar harga domain dijaminmurah.com bisa anda cek di halaman ini

semoga artikel ini bisa bermanfaat, salam support dijaminmurah.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *