Tips memilih VPS

May, 08 2013| Author: admin | Filed under: Info | Tags:
0Comments

Memilih VPS bisa dibilang gampang-gampang susah, kenapa? Gampang kalo cuma tinggal order, susahnya nanti giliran ada masalah yang menghampiri, gimana supportnya dan seberapa baik kualitas VPS-nya.

Saat memilih VPS hendaknya dilihat parameter berikut:

  1. untuk kebutuhsan apa VPS anda? VPS untuk monitoring berbeda kebutuhannya dengan VPS untuk web e-commerce, juga berbeda specnya untuk VPS dengan peruntukan Company Profile
  2. komponen apa saja yang dibutuhkan? Apache PHP MySQL tanpa tuning butuh memory sekitar 256mb untuk berjalan dengan baik, penggunaan alternatif software perlu dipertimbangkan untuk menekan kebutuhan resource yang besar, misal dengan mendisable innodb dan bdb jika anda hanya menggunakan wordpress atau company profile biasa.
  3. berapa besar traffic yang diperlukan? web dengan 2000 unique visit perhari tentu tidak mungkin jika anda hanya menggunakan memory 256, apalagi tanpa didukung tuning dari sisi software.
  4. kualitas dari hardware vps yang digunakan. semakin banyak core cpu dan memory tersedia tentu lebih baik, penggunaan harddisk dengan rpm yang mencukupi juga perlu jadi pertimbangan.
  5. ketersediaan backup, mungkin hal yang remeh, tapi saat ada masalah, backup menjadi opsi pertama dan tercepat untuk mendapatkan data anda kembali. membuat jadwal backup sendiri secara berkala itu ideal, tapi adakalanya anda lupa membackup, disini peran ketersedaan backup dari provider sangat menentukan.
  6. seberapa baik layanan support untuk VPS tersebut? banyak provider VPS hanya melayani via email, tentu ini tidak cukup bagi anda yang butuh bantuan langsung, meski kebanyakan VPS bersifat unmanage kadang kita butuh jawabanyang cepat, provider dengan layanan support YM dan telpon bisa jadi pertimbangan yang bagus.
  7. budget yang anda miliki, sesuaikanlah kebutuhan dengan budget yang anda miliki dan gunakan software seperlunya, jika anda mampu menggunakan linux, mungkin anda tidak perlu membayar lisensi untuk kontrol panel, dengan demikian anda menghemat pengeluaran.

akhirnya, pilihlah provider VPS sesuai dengan kebutuhan, rencanakan dengan baik sehingga tidak repot jika harus memindahkan data dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 10 = 18

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>