Cara Custom Domain Menggunakan Blogspot : Blogger

ilustrsi_custom_domain

Hallo, kali ini Tim DJ akan membahas permintaan yang banyak sekali di request oleh pelanggan domain kami, umumnya pelanggan kami ingin di bantu untuk custom nama domainnya ke blogspot/ blogger. Maka dari itu kali ini tim DJ akan coba menuliskan tutorial / langkah / cara agar semua pelanggan kami diharapkan bisa secara mandiri mengcustom domainnya sendiri ke blogspot.

Custom Domain ini berguna untuk mengubah alamat blogspot kamu yang umumnya menggunakan akhiran  blogspot menjadi namadomainaku.com

awal : blogaku.blogspot.com   -> menjadi -> namadomainaku.com

Ketika pengunjung mengakses namadomainaku.com maka ia akan membuka konten dari blogaku.blogspot.com, hanya diganti alamat saja menjadi .com agar mudah di ingat dan terlihat lebih profesional

Okey langsung ikuti langkah setupnya :

Jika anda belum memiliki nama domain, silahkan anda bisa pesan dahulu disini

Setelah proses pembelian domain berhasil, anda akan mendapatkan login ke panel domain,

  1. Login ke dalam akun blogger anda di alamat http://www.blogger.com .
  2. Lihat pada sisi kanan dari nama blog anda di blogger yang ingin diubah nama domainnya, klik pada menu “Buka Daftar Entry”, lalu pilih opsi lainnya, dan klik Setelan/Setting seperti pada contoh gambar di bawah.

blogger1-203x300

  1. Pada kolom penerbitan, klik pada tulisan berwarna biru “+ Tambahkan domain khusus”.
  1. Pada kolom setelan lanjutan, isikan dengan nama domain pribadi anda yang ingin diarahkan ke blogspot dan klik simpan, akan muncul error dan perintah untuk mengeset 2 buah record CNAME pada domain manager anda, catat record ini karena berbeda-beda untuk tiap domain.

  1. Buka halaman baru pada web browser anda, dan tujukan ke alamat domain manager anda di kami di alamat http://cp.dijaminmurah.com atau http://cpdomain.dijaminmurah.com . Login menggunakan username dan password anda sesuai e-mail yang kami kirimkan sebelumnya. Jika mengalami kesulitan login domain manager, silahkan hubungi bagian support kami.
  2. Arahkan kursor mouse anda pada menu Manage Orders dan klik List/Search Orders pada domain manager anda.

  1. Klik pada nama domain pribadi anda yang ingin diarahkan ke blogger/blogspot.
  2. Klik pada menu Name Servers, dan pastikan telah mengarah ke dns1-dns4.myprivatedns.com seperti gambar di bawah ini, lalu klik Update Nameservers.
blogger_dns_350
  1. Masih di domain manager, klik pada menu DNS Management, dan klik Manage DNS
  1. Klik Add A Record, lalu pada kolom Destination IPv4 Address masukkan 216.239.32.21 dan klik Add Record.Ulangi kembali dengan memasukkan 3 record lagi yaitu 216.239.34.21, 216.239.36.21, dan 216.239.38.21 . Sehingga total ada 4 record yang dimasukkan pada A Record domain manager anda. Pastikan pada A Record kini hanya memiliki 4 data tersebut, jika ada record lain silahkan dihapus saja.
  1. Klik pada CNAME Records, lalu klik Add CNAME Record, dan isikan untuk record pertama dan kedua dengan data dari blogger sebelumnya pada langkah ke 4 lalu simpan. Isikan sesuai petunjuk gambar di bawah, dan perlu diingat untuk tiap domain berbeda-beda recordnya terutama untuk record kedua sesuai langkah point ke 4 pada artikel ini.

CNAME Record pertama

CNAME Record kedua

  1. Konfigurasi pada sisi domain manager selesai sampai di sini. Selanjutnya adalah menunggu masa propagasi dari google yang biasanya memakan waktu antara 24-48 jam sampai domain pribadi anda bisa ditambahkan pada sisi blogger/blogspot pada langkah point ke 4 sebelumnya. Pastikan anda juga menceklis pilihan alihkan namadomain.apa ke www.namadomain.apa (asumsikan namadomain.apa adalah nama domain anda).

Tambahan untuk anda yang menggunakan domain .ID langkah setting dipanel domain id ialah sebagai berikut :

– login ke panel domain .id disini : http://panelid.dijaminmurah.com/user/login

– lalu setelah berhasil login, klik nama domain yang ingin di manage ( dijadikan blogspot)

dotid1– setelah masuk ke pengelolaan domain, kita perlu meng-sinkronisasikan dns domain kita ke dns server utama, maka dari itu masuk ke menu tab “manage dns”, jika anda melihat pesan “warning ! your domain havent registered to our DNS system, please click here to register it.” itu tandanya dns anda belum mengarah ke dns yang tepat, maka klik pada tulisan “click here to register it”  sebanyak 2x, pada tiap click akan membutuhkan loading maka ditunggu saja hingga selesai,

dotid3– setelah anda berhasil registerkan dns anda , silahkan menuju ke menu “name server” dan pastikan isinya seperti gambar di bawah :

dotid4– setelah semua cocok, maka sekarang kita tinggal menambahkan record yang dibutuhkan blogspot, klik kembali menu “manage dns”  dan klik tombol biru  “add new record”, lalu masukkan A record di bawah ini, jumlah A record ada 4 jadi anda perlu mengulang langkahnya sebanyak 4 kali krena masing-masing record punya nilai berbeda :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

cara input seperti gambar  di bawah : (ingat, setelah semua record di input klik save)

dotid5

– setelah A record selesai sekarang kita klim “add new record kembali ” untuk menambahkan CNAME , untuk CNAME pertama bisa anda isi seperti gambar di bawah :

dotid6

setelah cname kesatu sudah dimasukan lalu input kembali cname record ke 2 yang di berikan google seperti gambar di bawah

dotid7

– setelah cname sudah terisi, anda bisa melihat full record dns yang sudah kita buat harusnya seperti gambar di bawah

full

– setelah semua cocok dan selesai anda bisa add kembali domain .id anda di sisi blogspot lalu centang checkbox “arahkan ke www”

– setelah itu silahkan tunggu propagasi dns maksimal 1×24 jam dari tempat anda

 

Demikianlah langkah-langkah untuk mengubah domain blogspot menjadi nama domain pribadi. Apabila anda mengalami kendala, silahkan konsultasikan dengan bagian support kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. What’s up, every time i used to check website posts here
    in the early hours in the daylight, for the reason that i enjoy to find out
    more and more.

  2. asem e… gambarnya kecil2… ga nyesel aku pesen domain di dijamin murah… !!

  3. Artikel yang sangat infromatif mas, saya sekarang jadi mulai mengerti dan lebih suka untuk mengganti domain saya ke domain pribadi.
    jangan lupa kunjungannya ke blog kami ya Sagoe Tunong
    Terimakasih 🙂

  4. fantastic issues altogether, you simply received
    a new reader. What might you suggest in regards to your publish
    that you just made a few days ago? Any certain?