Mengatasi Pengiriman Email agar tidak dianggap Spam

Sep, 27 2014| Author: admin | Filed under: Info | Tags:
0Comments

Mungkin kita pernah mengalami masalah ketika mengirim email ke akun email lain seperti Yahoo, Gmail dan lainnya. Terkadang sangat sulit sekali mengirimkan email dari server ke email seperti Yahoo atau gmail. Jikapun berhasil masuk biasanya masuk ke Spam/Bulk Folder.  Email yang dikirim selalu menjadi SPAM / Bulk Mail dengan kata lain Email sudah terkirim tetapi malah masuk ke folder spam, atau email kita dianggap spam oleh email penerima. Bagaimana solusinya?

Ini dia sebagai solusinya atau cara untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut kita bisa mengaktifkan fitur DKIM (DomainKeys Identified Mail) dan SPF (Sender Policy Framework).

Apa itu DKIM & SPF

DKIM (DomainKeys Identified Mail) helps verify the sender and integrity of a message. It allows an email system to prove that a message was not altered during transit (meaning it is not forged), and that the message came from the specified domain. (sumber: cpanel.net)

DKIM/DomainKeys adalah metode signing sebuah mail menggunakan Public-key cryptography sebagai bukti bahwa email yang terkirim sudah divalidasi oleh pengirimnya.

SPF (Sender Policy Framework) is designed to prevent spammers from sending email while forging your domain’s name as the sender (spoofing). This authentication function works by adding IP addresses to a list, specifying computers that are authorized to send mail from your domain name. It verifies that messages sent from your domain are coming from the listed sender, reducing the amount of backscatter you receive. (sumber: cpanel.net)

Data SPF (sender policy framework) adalah data teks (TXT) yang menggunakan Framework ID Pengirim. Framework ID Pengirim adalah protokol otentikasi e-mail yang membantu mencegah spoofing and phishing dengan memverifikasi nama domain yang mengirim pesan e-mail. ID Pengirim memvalidasi asal pesan e-mail dengan memverifikasi alamat IP pengirim sesuai pihak yang dianggap sebagai pemilik domain pengirim.

DKIM (DomainKeys Identified Mail) merupakan sarana verifikasi email yang masuk. Hal ini memastikan bahwa email masuk tidak dimodifikasi dari pengirim. Fitur ini bekerja untuk mencegah pesan spam yang masuk

sedangkan SPF (Sender Policy Framework) memungkinkan Anda untuk menentukan server dan alamat IP yang berwenang untuk mengirim email dari domain anda. Fitur ini bekerja untuk mencegah email spam keluar.

Domainkey seperti DKIM dan SPF merupakan salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Domainkey membantu dalam pengiriman email ke Yahoo atau gmail agar tidak diidentifikasi sebagai spam. Untuk mengaktifkan fitur tersebut melalui cPanel, bisa melakukan langkah atau cara berikut ini :

  1. Silahkan login ke cpanel anda, http://domainanda.com/cpanel atau http://domainanda.com:2082
  2. Setelah masuk halaman cPanel, silahkan klik menu Email Authentication

Screenshot_1 copy

  1. Untuk mengaktifkan DKIM, pada bagian DKIM klik tombol Enable lalu tunggu hingga proses selesai dan klik “Go Back”
  2. Dan untuk mengaktifkan SPF, pada bagian SPF klik tombol Enable lalu tunggu hingga proses selesai dan klik “Go Back”
  3. Jika sudah, maka tampilan akan berubah menjadi seperti berikut

Screenshot_2Hingga tahap terakhir maka semua setup yang di perlukan untuk memaksimalkan email service agar meminimalisir email masuk ke SPAM Folder telah selesai. Dan semua status DKIM dan SPF telah enabled seperti gambar screenshot diatas. Semoga membantu ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 6