cPanel – Cara Membuat Akun FTP

2016-05-1  FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protocol dalam jaringan berbasis TCP/IP (Transmission Control Protocol) yang digunakan untuk melakukan pengiriman maupun penerimaan data/file dari server FTP ke klient FTP maupun sebaliknya. Pada cPanel, secara umum semua penggunanya mendapatkan 1 akun ftp utama untuk koneksi ke dalam hosting, namun username dan password yang digunakan sama dengan username dan password untuk login ke dalam cPanel, sehingga kurang aman apabila akun ftp tersebut akan dipergunakan juga oleh orang lain. Direktori yang dapat diakses pun tidak ada batasan jika menggunakan akun ftp utama tersebut. Solusinya, adalah dengan membuat akun ftp lain, yang memiliki username dan password berbeda, serta pengaksesan direktori yang bisa dibatasi. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Pastikan paket hosting yang anda ambil, memang mendukung untuk pembuatan akun FTP. Anda bisa mengeceknya pada halaman website kami di menu masing-masing paket, pada tab “Fitur & Fasilitas”.

2. Akses ke cpanel anda via web browser dengan mengetikkan http://namadomain.apa/cpanel (ubah namadomain.apa dengan domain anda,  Jika anda mengalami kendala mengakses cpanel, silahkan hubungi bagian support kami baik via telp/e-mail/ticket/chat.

3. Klik menu FTP Accounts , pada bagian Files di halaman utama cPanel.

2016-05-2

4. Isikan detailnya berdasarkan petunjuk dan gambar di bawah ini.

2016-05-3

a. Isikan dengan username akun ftp, dalam contoh kali ini dimisalkan sekretaris.

b. Isikan dengan password untuk masuk ke dalam akun ftp tersebut. Gunakan kombinasi antara huruf, angka dan karakter untuk menjamin keamanan password , atau bisa dengan meng-klik Password Generator , system cPanel akan membuatkan password yang bisa anda gunakan.

c. Set lokasi direktori yang hanya bisa diakses oleh akun ftp tersebut, baik untuk pengiriman maupun penerimaan data.

d. Set kuota untuk akun ftp. Pemakaian kuota akan dihitung per bulan, dan akan kembali ke hitungan 0 pada awal bulan. Set Unlimited jika anda tidak menginginkan pembatasan kuota pada akun FTP yang dibuat.

e. Klik Create FTP Account untuk eksekusi pembuatan akun FTP.

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat akun FTP. Semoga bermanfaat.

 

posted by Farindra Eka Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *