Cara Upgrade/Downgrade WordPress Secara Otomatis dan Manual

Jun, 20 2013| Author: admin | Filed under: Tutorial | Tags: Tags: ,
3Comments

Pada website berbasis WP (WordPress), Installasi WordPress versi lama merupakan salah satu celah keamanan yang sering digunakan para hacker untuk membobol suatu blog. Oleh karena itu selain menggunakan plugin security dan melakukan proteksi dasar terhadap blog anda, memastikan bahwa installasi WordPress selalu dalam kondisi up-to-date adalah keharusan.

Bagi Anda yang masih menggunakan WordPress versi lama, kami sarankan sebaiknya di upgrade ke versi terbaru, Update wordpress ini diperlukan untuk menutup berbagai kekurangan dan celah keamanan (bug) di sistem WordPress itu sendiri, untuk keperluan kompabilitas plugin-plugin tertentu atau bahkan untuk me-refresh modul dan engine WP  itu sendiri.

Tim WordPress selalu mengupdate WordPress dengan versi terbaru untuk meningkatkan performa dan kinerja WordPress. Jadi, update atau upgrade wordpress sangat diperlukan untuk menjaga sistem blog kita agar berjalan dengan lancar dan untuk meminimalisir dari serangan hacker.

Proses upgrade ada beberapa opsi, Update WordPress dari versi lama ke versi terbaru dapat dilakukan secara otomatis pada dashboard wordpress, atau secara manual atau dapat menggunakan plugin WordPress “Automatic Updater”.

Cara Update WordPress secara otomatis :

Ini adalah cara cepat untuk mengupgrade wordpress. Anda dapat melakukan Upgrade WordPress secara otomatis menggunakan menu yang ada di Dashboard WordPress.

 Cara Update WordPress secara manual :

  • Untuk mengupdate WordPress secara manual, anda perlu mendownload Versi WordPress terbaru di http://wordpress.org/latest.zip
  • Untuk memilih versi sebelumnya, dapat di download pada halaman berikut: http://wordpress.org/download/release-archive/
  • Extract/unzip file WordPress yang telah didownload, hasil dari proses ini adalah sebuah folder dengan nama “wordpress”, selanjutnya masuk ke folder tersebut.
  • Select semua file dan folder  pada folder “wordpress” kecuali folder “wp-content” dan compress kedalam format file .zip
  • Login ke akun cPanel anda dan selanjutnya upload file .zip yang telah disiapkan pada langkah sebelumnya.
  • Extract file .zip yang telah diupload dan akses ke dashboard WP anda : http://www.namadomainanda.com/wp-login.php atau  http://www.namadomainanda.com/wp-admin/upgrade.php, klik button ‘mengkonfirmasi update database’ dan selesai.

Semoga bermanfaat.

3 Responsese to Cara Upgrade/Downgrade WordPress Secara Otomatis dan Manual

  1. Budi Utomo says:

    Thanks artikelnya Gan..!

  2. desy says:

    Terima Kasih informasinya sangat bermafaat :)

  3. Candra Amil says:

    Wah, makasih mas sharing nya. skrg mau coba upgrade wordpress nya, mudah2an bisa saya praktekkan. semisal ada hambatan aku boleh bertanya lg ya mas soalnya biasa update otomatis, stelah kmrn pindah hosting jd skrg update manual, otomatis nya eror.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

26 − = 20

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>