[TIPS] MEMULAI SEO UNTUK PEMULA

Jan, 02 2018| Author: tim sales | Filed under: Info, Tutorial | Tags: Tags: , , , , , , ,
0Comments

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “Search Engine Optimizer“. Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.

Jika anda memiliki sebuah bisnis dan ingin memasarkan secara online, maka salah satu strategy pemasaran yang sangat efektif saat ini adalah dengan memanfatkan mesin pencari, contohnya Google. Pemasaran melalui search engine optimization boleh dibilang sebagai tehnik pemasaran yang paling elit dan efektif karena gratis dan konversinya biasanya tinggi.

Jika Anda seorang blogger baru, Anda mungkin pernah mendengar istilah ini. Maksudnya optimasi mesin pencari adalah memaksimalkan website atau blog beserta isinya (konten artikel) bisa muncul di halaman pencarian Google. Untuk memaksimalkan website kita pada mesin pencari Google, dibutuhkan teknik SEO onpage dan offpage.

Perlu diketahui, teknik onpage, yaitu teknik yang kita lakukan pada website atau blog kita dengan cara membuat artikel yang terdapat keyword yang diincar dan terdapat deskripsi yang berisi keyword yang diincar. Teknik SEO offpage, yaitu teknik yang dilakukan di luar website atau blog, salah satunya adalah mencari backlink. Berikut beberapa Tips SEO Untuk Pemula :

  1. Gunakan Kata Kunci

Kata kunci adalah bagaimana pencari (pada Google) menemukan situs Anda, sehingga Anda dapat melihat bahwa menggunakan kata kunci tertentu dapat membantu mendapatkan pembaca blog lebih ke situs Anda. Jangan membebani postingan Anda, satu atau dua kata kunci sudah cukup. Gunakan dan masukkan kata kunci itu ke dalam judul dan postingan Anda. Gunakanlah kata kunci yang sesuai dengan Situs dan postingan Anda. Misalnya, kata kunci Anda adalah “tips seo untuk pemula”. Hal ini juga harus muncul dalam permalink Anda.

  1. Desain Judul Halaman Anda

Anda dapat membuat judul yang bisa menonjol di antara semua orang tentang topik yang sama. Search engine (mesin pencarian) lebih memilih judul antara 40 dan 70 karakter. Judul Anda harus memberikan ide yang cukup baik dari apa yang Anda posting termasuk kata kunci.

  1. Plugins SEO

Seperti saya katakan sebelumnya, kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs anda. Beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO website anda adalah:

  • Google XML Sitemaps
  • SEO Friendly Images
  • Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
  1. Gunakan Social Media

Jaman teknologi digital sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal twitter, facebook, Google plus, dan lain-lain… setidaknya pasti mengenal salah satunya. Jika anda sedang membaca artikel ini dan tidak punya salah satu akun social media, saya pikir itu sesuatu yang “luar biasa”. Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter dan facebook adalah sebuah keharusan. Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website anda.

  1. Sertakan Meta Description

Meta description adalah potongan kecil yang muncul di hasil pencarian, sehingga Anda dapat melihat bahwa ini termasuk salah satu aspek yang penting. Anda memiliki 140 karakter untuk membuat postingan blog Anda lebih menarik dan lebih penting daripada artikel lainnya pada topik yang sama. Jika Anda tidak menetapkan meta description, mesin pencari akan lebih memilih kalimat pertama dari postingan blog Anda, yang mungkin tidak akan membantu.

  1. Konten yang bagus dan bermanfaat

Menulis postingan blog yang berkualitas baik, dan bermanfaat, menggunakan tata bahasa yang baik, dengan fotografi yang indah adalah langkah awal Anda. Bagaimana hal ini dapat membantu SEO Anda? Ketika pembaca menemukan sesuatu yang mereka suka, mereka ingin meyebarkannya (share). Media sosial adalah cara organik lainnya untuk meningkatkan hasil pencarian Anda. Idealnya, posting Anda harus setidaknya 300 kata , dan sebagian besar sumber merekomendasikan postingan dari sekitar 700 kata untuk menghasilkan SEO yang optimal. Pada dasarnya, menulis dengan jelas, ringkas, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik, dan paragraf singkat untuk dapat dibaca dengan muda.

  1. Periksa Mobilitas Anda

Semakin banyak orang membaca blog dari ponsel atau tablet mereka, sehingga masuk akal bagi seorang blogger untuk memastikan bahwa situs mereka dioptimalkan untuk perangkat mobile. Tidak hanya itu, tetapi baru-baru ini Google bahkan membuatnya lebih penting lagi dengan membuat optimasi ponsel sebagai faktor penting untuk pencarian yang dilakukan pada perangkat mobile.

Itu adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memulai untuk meningkatkan optimasi mesin pencari Anda dan dapat membantu blog Anda muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang cara mengoptimalkan SEO website. Bila ada masukan ataupun pertanyaan silahkan dipost di bagian komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =