[TIPS] Cara Cegah Spammer Posting Di Situs WordPress

Kali ini kita akan membahas bagaimana solusi agar orang lain atau user selain kita tidak bisa sembarangan memposting dalam bentuk artikel ataupun di bagian komentar pada website kita, kalau kita cari tahu lebih jeli, salah satunya adalah karena fitur membership dan fitur komentar yang terlalu terbuka. Dan berikut adalah cara untuk menghindari masalah tersebut semakin berlarut.

Matikan Fitur Membership

Pada WordPress pada dasarnya sudah ada fitur membership atau dalam defaultnya fitur membership sudah dalam keadaan aktif saat kita memulai wordpress. Dalam hal ini artinya website kita menjadi situs membership dimana setiap orang memiliki akses ke bagian dalam website kita, tapi tentunya dengan batasan-batasabn tertentu. Namun fitur tersebut bisa kita atur untuk dalam keadaan aktif/non-aktif. Berikut langkahnya:

  1. Pada dasboard admin pilih menu Setting – General.
  2. Setelah masuk dalam halaman General Seeting, lihat pada bagian Checklist “Membership” dan hilangkan centang untuk anyone can register.
  3. Saat centang dihilangkan, otomatis fitur membership dalam keadaaan non-aktif.

Tambahan:

Setelah langkah-langkah diatas sudah anda lakukan, sebaiknya hpaus juga daftar user lain yang sebelumnya atau yang sudah terdaftar di website anda dengan cara:

Masuk ke menu Users – All Users dan hapus semua user kecuali akun anda sendiri

Keuntungan dari mematikan fitur ini sendiri untuk menghidndari spam dan kegiatan posting lain yang mengganggu terutama agar website kita aman dari ancaman hacker sekalipun. Tapi bila memang kita menginginkan website kita menjadi situs membership, jangan lakukan langkah diatas.

Install Plugin Akismet

Cara kedua ialah memakai bantuan plugin dimana juga cara ini cukup ampuh untuk mencegah spammer pada WordPress yang ada pada fitur komentar, yaitu dengan melakukan filter pada setiap komentar yang masuk secara otomatis plugin ini akan memisahkan antara span dan mana yang bukan spam.

Dalam penggunaannya pun cukup mudah dengan menginstal Plugin Akismet, yang ada pada menu “Add New Plugin”. Dan setelah sudah dapatkan API KEY aplikasi Akismet ini dengan mengunjungi situs http://akismet.com. Dan pilih button “SAY GOODBYE TO COMMENT SPAM” dan setelah itu anda hanya perlu mengikuti langkah untuk sign up. Gunakan saja versi FREE terlebih dahulu untuk mengetahui kinerja dari plugin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *